Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik tentang Materi Ekologi Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di SMAN 4 Pariaman.

Oktari, Nengsih (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik tentang Materi Ekologi Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di SMAN 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NENGSIH_OKTARI_15031020_2515_2019.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yang penulis amati langsung dilapangan, guru cenderung mendominasi dan lebih banyak menerapkan metode ceramah dan memberikan tugas kepada peserta didik. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang semangat dalam memperhatikan pembelajaran.Selain itu, peserta didik juga kurang bersosialisasi dengan teman­ teman sekelasnya pada saat pembelajaran berlangsung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two strayterhadap kompetensi belajar peserta didik tentang materi ekologi Kelas X di SMA N 4 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Control Group Posttest Only Design.. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, dimana Kelas X IP A3 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X IP Al sebagai kelas kontrol Populasi untuk penelitian ini adalah peserta didik Kelas X IP A yang terdiri dari lima kelas di SMAN 4 Pariaman tahun pelaj aran 2018/2019. Instrumen berupa lembar observasi pengamatan aktivitas peserta didik untuk memperoleh data aktivitas sikap peserta didik dan lembar lembar observasi untuk mengamati aspek keterampilan dan lembar soal untuk memperoleh data aspek pengetahuan. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t. Hasil uji t diketahui bahwa pada kompetensi pengetahuan thitung3,15 >ttabetl,67 pada kompetensi sikap thitungl,76 >ttabel 1,67 dan pada kompetensi keterampilan thitung 3,07 > 1tabel 1,67. Hal ini menunjukan bahwa hipoetesis diterima untuk kompetensi pengetahuan, sikap dan kompetensi keterampilan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two strayberpengaruh positif berarti terhadap kompetensi belajar peserta didik tentang materi Ekosistem di SMAN 4 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:55
Last Modified: 13 Feb 2020 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25212

Actions (login required)

View Item View Item