Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Peprustakaan Universitas Negeri Padang (Tahun 2 dari Rencana 2 Tahun)

Rahmah, Elva and Marlini, Marlini (2018) Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Peprustakaan Universitas Negeri Padang (Tahun 2 dari Rencana 2 Tahun). Project Report. FBS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_221_lapakh_Lap_2018_Akhir-ElvaR_UNP_PPTTHKe-2.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Total Quality Manajemen (TQM) merupakan suatu budaya organisasi yang menekankan pada upaya menciptakan mutu dan meningkatkan mutu secara berkelanjutan melalui setiap kegiatan organisasi.Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk : (1) mengetahui pemahaman pimpinan dan staf terhadap konsep TQM di Perpustakaan UNP; (2) memperoleh gambaran tentang bagaimana kegiatan manajerial yang berdasarkan TQM dilaksanakan untuk mewujudkan mutu layanan di Perpustakaan UNP; (3) mengetahui peran kepemimpinan dalam mendorong organisasi dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip TQM di Perpustakaan UNP dan (4) mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaan TQM di Perpustakaan UNP.Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen.Subyek dalam penelitian ini adalah pimpinan, kepala sub bagian, staf perpustakaan, pemustaka, kejadian, fakta, dokumen serta berbagai bentuk upaya, program atau kegiatan perpustakaan. Obyek dalam penelitian ini adalah sistem TQM yang dilaksanakan di Perpustakaan UNP.Tahun pertama, digunakan untuk (1) mengindentifikasi pemahaman pimpinan dan staf perpustakaan terhadap konsep TQM; (2) membuat gambaran kegiatan manajerial berdasarkan TQM; (3) menggumpulkan dan mengelompokan implementasi TQM yang meliputi tugas organisasi, input pembentukan visi pimpinan dan peranan kepemimpinan dalam pengembangan budaya mutu; (4) mengumpulkan informasi berkaitan dengan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan TQM di Perpustakaan UNP.Tahun kedua, hasil identifikasi, analisa dan representasi tersebut kemudian dikembangkan dalam model TQM yang dapat diimplementasikan di perpustakaan perguruan tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan penerapan model TQM yang dilakukan di Perpustakaan UNP sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari 62,23 % responden menyatakan setuju. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bisa diketahui bahwa semakin bagus kualitas layanan di perpustakaan maka akan semakin tinggi tingkat pemenuhan kebutuhan dan kepuasan pemustaka.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:55
Last Modified: 13 Feb 2020 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25210

Actions (login required)

View Item View Item