Rekonstruksi Kelembagaan Lokal melalui Program Buku Bergulir dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Nagari Paninjauan Kabupaten Solok

Desriyeni, Desriyeni and Rahmah, Elva and Marlini, Marlini (2018) Rekonstruksi Kelembagaan Lokal melalui Program Buku Bergulir dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Nagari Paninjauan Kabupaten Solok. Project Report. FBS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_214_lapakh_DESRIYENI_UNP_DP_2018.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa masyarakat desa butuh informasi. Selama ini untuk mendapatkan informasi atau bahan bacaan yang cocok, mereka harus pergi ke perpustakaan, sementara jarak antara rumah mereka dengan perpustakaan itu sangatlah jauh. Sehingga masyarakat pedesaan tidak atau jarang sekali mendapat layanan perpustakaan.“Perpustakaan mengunjungi pengguna” langkah pasti untuk meningkatkan kemampuan literasi dalam memperoleh informasi dasar dalam mendukung aktivitas ekonomi masyarakat pedesaan.Banyak kajian tentang layanan pengguna perpustakaan yang memberi konklusi bahwa rendahnya keinginan masyarakat untuk menggunakan perpustakaan sebagai penyedia informasi. Inovasi baru, berbalik sudah bukan lagi perpustakaan yang dikunjungi pengguna, melainkan perpustakaan yang mendatangi pengguna (pembaca). Program buku bergulir yang digagas di Nagari Paninjauan Kabupaten Solok (tempat penelitian) adalah wujud penyediaan bahan pustaka/bahan bacaan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dengan cara perpustakaan menggunjungi pengguna (pembaca) di nagari tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk membangun kelembagaan nagari dalam menggali peluang dalam penyediaan informasi bagi masyarakat, dengan tujuan penelitian yakni; (1) Mengetahui implementasi program buku bergulir di nagari Paninjauan Kabupaten Solok; (2) Menganalisis kelembagaan masyarakat nagari yang adaptif dalam mendukung peningkatan literasi masyarakat melalui program buku bergulir; dan (3) Mengetahui manfaat program buku bergulir terhadap kebutuhan informasi masyarakat dalam peningkatan perekonomian masyarakat nagari. Desain penelitian yang digunakan adalah dominant-less dominant yakni pengabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif, metode kualitatif berposisi dominan, dan kuantitatif less-dominan. Penelitian ini dilaksanakan dinagari Paninjauan Kabupaten Solok. Data dikumpulkan dari sejumlah sampel dan informan kunci pada nagari. Analisis data dilakukan secara emic dan etic. Merekonstruksi kelembagaan lokal dengan cara membangkitkan energi sosial dalam bentuk program buku bergulir akan meningkatkan literasi masyarakat sekaligus bermanfaat untuk peningkatan pekonomian masyarakat. Penelitian ini diharapkan menghasilkan rujukan dan jaminan keberlanjutan program buku bergulir dalam peningkatan literasi dan perekonomian masyarakat. Pada posisi ini, dapat dinyatakan bahwa pentingnya untuk mengkaji Rekonstruksi Kelembagaan Lokal melalui Program Buku Bergulir dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Nagari Paninjauan Kabupaten Solok.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:54
Last Modified: 13 Feb 2020 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25207

Actions (login required)

View Item View Item