Pembuatan E-modul Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Pembelajaran Fisika pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas di Kelas XI SMA/MA.

Syafitri, Yunita (2019) Pembuatan E-modul Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Pembelajaran Fisika pada Materi Kalor dan Teori Kinetik Gas di Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_YUNITA_SYAFITRI _15033086_5354_2019.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Keterampilan yang diharapkan dalam kurikulum 2013 adalah kemampuan menguasai teknologi, berpikir kritis, dan memiliki pemecahan masalah yang baik. Hal ini tentu dapat dicapai dengan cara guru membuat bahan ajar yang terhubung dengan ICT yang berisi soal-soal dengan taraf HOTS. Namun, kenyataan yang terjadi di lapangan adalah bahan ajar yang digunakan oleh guru masih terbatas pada bahan ajar cetak yang belum memuat soal-soal HOTS dan kurangnya pemanfaatan ICT. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul yang diorientasikan dengan soal-soal HOTS dan mengetahui tingkat kevalidan dari e­ modul tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method research atau penelitian kombinasi. Penelitian ini menggunakan instrumen uji validitas yang berisi aspek substansi materi, desain pembelajaran, tampilan e-modul, pemanfaatan software, dan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif untuk menentukan kriteria kevalidan e- modul. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa e-modul yang dihasilkan masuk kepada kategori sangat valid dengan nilai rata- ratanya 82 % untuk uji validitas pertama dan 84% dengan kategori sangat valid untuk validasi kedua. Berdasarkan hasil uji validitas tersebut, maka e-modul berorientasi HOTS untuk pembelajaran fisika pada materi kalor dan teori kinetik gas di kelas XI SMA/MA layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: e-modul, HOTS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:07
Last Modified: 12 Feb 2020 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25202

Actions (login required)

View Item View Item