Kontribusi Tunjangan Sertifikasi dan Iklim Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di SMP Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Lusiana, Lusiana (2019) Kontribusi Tunjangan Sertifikasi dan Iklim Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di SMP Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_LUSIANA_19027_6033_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi dari pelaksanaan tugas guru.Rumusan masalah penelitian adalah (1) tunjangan sertifikasi berpengaruh terhadap motivasi kerja guru, (2) iklim sekolah berpengaruh terhadap motivasi kerja guru, (3) tunjangan sertifikasi dan iklim sekolah berpengaruh secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru SMP Negeri Kecamatan Kinali. Tujuan penelitian ini adalah (1) Kontribusi sertifikasi terhadap motivasi kerja guru, (2) Kontribusi iklim sekolah terhadap motivasi kerja guru, (3) Kontribusi tunjangan sertifikasi dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi kerja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif sifatnya korelasional, populasi dalam penelitian ini semua guru SMP kecamatan Kinali yang berstatus PNS dengan jumlah populasi 107 orang, sampel penelitian sebanyak 30 orang diambil dengan teknik startified proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data (1) deskripsi data, (2) pengujian persyaratan analisis dan (3) pegujian hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Terdapat kontribusi sertifikasi terhadap motivasi kerja karena sertifikasi memberikan sumbangan kontribusi sebesar 25,6% terhadap motivasi kerja guru (2) iklim sekolah memberikan sumbangan kontribusi sebesar 28.3% terhadap motivasi kerja guru (3) sertifikasi dan iklim sekolah secara bersama-sama memberikan sumbangan kontribusi sebesar 37.5% terhadap motivasi kerja guru. Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan hasil temuan untuk meningkatkan motivasi kerja guru diharapkan kepala sekolah dapat memberikan dukungan terhadap guru yang akan melaksanakan program sertifikasi kepada guru yang telah memenuhi syarat. Untuk meningkatkan motivasi kerja guru, perlu membenahi iklim sekolah yang rendah, Pengawas agar memberikan iklim sekolah kerjasama kepada guru-guru sesuai dengan perkembangan teknologi. Kebijakan Dinas pendidikan dalam hal penyelanggaraan pembelajaran di sekolah hendaklah bertujuan dengan peningkatan tunjangan sertifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:22
Last Modified: 29 Mar 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25198

Actions (login required)

View Item View Item