Hubungan antara Pemahaman lbu Balita tentang Posyandu dengan Kesadaran dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Melati Suci V di Nagari Toboh Ketek Kabupaten Padang Pariaman

Ismi, Irvania (2019) Hubungan antara Pemahaman lbu Balita tentang Posyandu dengan Kesadaran dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Melati Suci V di Nagari Toboh Ketek Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_IRVANIA_ISMI_15005068_5829_2019.pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kesadaran ibu balita dalam mengikuti kegiatan posyandu Melati Suci V di Nagari Toboh Ketek Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman ibu balita tentang posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pemahaman ibu balita tentang posyandu, gambaran kesadaran ibu balita dalam mengikuti kegiatan posyandu, dan melihat hubungan antara pemahaman ibu balita tentang posyandu dengan kesadaran dalam mengikuti kegiatan posyandu Melati Suci di Nagari Toboh Ketek Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu-ibu balita yang terdaftar di Posyandu Melati Suci V di Nagari Toboh Ketek Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 25 orang. Responden dalam penelitian ini yaitu berjumlah 25 orang. Maka untuk menetapkan responden digunakan metode sensus, dimana seluruh populasinya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan alat pengumpulan data dalam dalam penetian ini adalah pedoman kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Skala Interval dan Rank Order. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ( 1) pemahaman ibu balita tentang posyandu masih rendah, (2) kesadaran ibu balita dalam mengikuti kegiatan posyandu dikategorikan masih rendah, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman ibu balita tentang posyandu dengan kesadaran dalam mengikuti kegiatan posyandu Melati Suci V di Nagari Toboh Ketek Kabupaten Padang Pariaman. Selanjutnya saran yang peneliti berikan adalah diharapkan kepada kader posyandu agar dapat meningkatkan pelayanan pada kegiatan posyandu serta diberikan arahan bahwa datang ke posyandu itu penting bagi kesehatan anak. Kemudian diharapkan juga kepada petugas kesehatan agar dapat memberikan binaan kepada kader mengenai pentingnya memberikan pemahaman kepada sasaran posyandu. Dan diharapkan kepada peneliti lain agar dapat mencari variabel lain yang berpengaruh terhadap kesadaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:36
Last Modified: 12 Feb 2020 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item