Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis kontekstual Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Dan Gravitasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa.

Afradisca, Elfa (2019) Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis kontekstual Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Dan Gravitasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ELFA AFRADISCA_17175040_2192_2019.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut adanya penggunaan media pembelajaran yang relevan. Pembelajaran fisika dengan menggunakan media pembelajaran yang relevan sesuai dengan karakteristik materi dapat menambah wawasan siswa terkait konteks- konteks yang sesuai dengan materi. Kenyataan yang ditemukan di lapangan bahwa pelaksanaan pembelajaran fisika belum sesuai dengan yang diharapkan. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membuat video pembelajaran fisika berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran fisika berbasis kontekstual yang valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Objek penelitian ini adalah video pembelajaran fisika berbasis kontekstual untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Pengumpulan data penelitian yang digunakan yaitu lembar uji validasi untuk ahli fisika dan ahli pembelajaran, lembar uji kepraktisan untuk guru fisika dan siswa, serta lembar uji efektivitas yang terdiri dari lembar penilaian tes hasil belajar, lembar penilaian sikap, dan lembar penilaian keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan tiga hasil dari penelitian ini. Hasil pertama adalah video pembelajaran fisika berbasis kontekstual ini berada dalam kategori valid menurut ahli fisika dan ahli pembelajaran dengan nilai rata-rata masing- masing validasi adalah 0,9 dan 0,9. Hasil penelitian kedua adalah video pembelajaran fisika berbasis kontekstual ini berada pada kategori sangat praktis menurut guru fisika dan siswa dengan nilai kepraktisan masing-masing 82 dan 87. Hasil penelitian ketiga adalah video pembelajaran fisika berbasis kontekstual adalah efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X dengan nilai N-gain sebesar 0,46.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:36
Last Modified: 12 Feb 2020 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25192

Actions (login required)

View Item View Item