Kontribusi pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dan motivasi berperestasi terhadap kompetensi profesional guru di SD Yayasan Prayoga Padang

Riyandanita, Ezra (2019) Kontribusi pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dan motivasi berperestasi terhadap kompetensi profesional guru di SD Yayasan Prayoga Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_EZRA_RIYANDANITA_16147005_6086_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan, teramati bahwa kompetensi profesional guru di SD Yayasan Prayoga Padang. Peneliti menduga pelaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dan motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru di SD Yayasan Prayoga Padang, oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi pelaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dan motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru di SD Yayasan Prayoga Padang. Hipotesis yang di uji dalam penelitian ini adalah : 1) pelaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, 2) motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional, 3) pelaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dan motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Yayasan Prayoga Padang. Jumlah populasi sebanyak 101 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 58 orang yang dipilih menggunakan stratified proporsional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket model skala likert yang telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 28,9% ; 2) motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional sebesar 30,4%; 3) pelaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dan motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 34,3%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terlihat bahwa pelaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah berada pada kategori baik, kompetensi profesional berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Feb 2020 02:47
Last Modified: 24 Jul 2021 09:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25191

Actions (login required)

View Item View Item