Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Tingkat Resiliensi terhadap Psychological Well-Being Remaja Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga

Fadli, Rima Pratiwi (2019) Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Tingkat Resiliensi terhadap Psychological Well-Being Remaja Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RIMA_PRATIWI_FADLI_17151064_4772_2019.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan fenomena yang telah berlangsung lama di dalam masyarakat. KDRT berdampak terhadap fisik dan psikologis terutama berkaitan dengan psychological well being (kesejahteraan psikologis) korban yang mengalami, menyaksikan dan mengamati KDRT tersebut. Korban tersebut yaitu anak dari orangtua yang mengalami KDRT yaitu anak-anak dan remaja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi psychological well being di antaranya dukungan sosial teman sebaya dan tingkat resiliensi. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian terkait dengan: 1) gambaran dukungan sosial teman sebaya, tingkat resiliensi dan psychological well being remaja yang tinggal dengan orangtua korban KDRT; 2) kontribusi dukungan sosial teman sebaya terhadap psychological well being remaja yang tinggal dengan orangtua korban KDRT; 3) kontribusi tingkat resiliensi terhadap psychological well being remaja yang tinggal dengan orangtua korban KDRT; 4) kontribusi dukungan sosial teman sebaya dan tingkat resiliensi terhadap psychological well being remaja yang tinggal dengan orangtua korban KDRT. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian berasal dari kelas X dan XI SMA X Kabupaten Padang Pariaman. Sampel diambil menggunakan teknik non probability sampling, dengan teknik purposive sampling sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 42 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala model likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana serta berganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara rata-rata gambaran dukungan sosial teman sebaya pada kategori sedang, tingkat resiliensi pada kategori sedang, dan psychological well being remaja pada kategori tinggi, (2) terdapat kontribusi dukungan sosial teman sebaya terhadap psychological well being remaja sebesar 23,1% (R= 0.481, signifikansi 0.001), (3) terdapat kontribusi tingkat resiliensi terhadap psychological well being remaja sebesar 18.2% (R= 0.427, signifikansi 0.005), dan (4) terdapat kontribusi dukungan sosial teman sebaya dan tingkat resiliensi secara bersama-sama terhadap psychological well being remaja sebesar 28.6% (R= 0.535, signifikansi 0.001). Hasil penelitian ini merupakan suatu masukan bagi Guru BK, orangtua, siswa, guru kelas, dan kepala sekolah agar pelayanan BK dapat membantu siswa yang mengalami dampak KDRT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Feb 2020 01:13
Last Modified: 12 Feb 2020 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25189

Actions (login required)

View Item View Item