Hubungan Antara Menonton Tindakan Kekerasan di Media Massa dengan Perilaku Agresif Siswa di SMK N 9 Padang

Ummai, Fatzki Vostoka (2019) Hubungan Antara Menonton Tindakan Kekerasan di Media Massa dengan Perilaku Agresif Siswa di SMK N 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_FATZKI_VOSTOKA_UMMAI_15006121_6143_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kekerasan hampir setiap hari terjadi dalam kehidupan di sekitar kita. Kekerasan yang terjadi di tengah masyarakat sering dianggap sebagai solusi utama dalam menyelesaikan sebuah masalah. Kekerasan ada juga yang terjadi dalam dunia pendidikan, kekerasan di lingkungan pendidikan tersebar di seluruh strata, baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas/kejuruan. Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, dan televisi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya perilaku agresif siswa adalah tayangan kekerasan di media masa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tentang menonton tindakan kekerasan di media massa. 2) Mendeskripsikan perilaku agresif siswa di sekolah setelah mereka menonton tindakan agresif di sekolah. 3) Menguji hubungan menonton tindakan kekerasan di media massa terhadap perilaku agresif siswa di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam pemelitian ini adalah siswa kelas X Kl sampai X K7 SMKN 9 Padang yang berjumlah 249 siswa dan sampel sebanyak 177 siswa yang diperoleh dengan teknik proposional random sampling. Data dikumpulkan dengan mengadministrasikan skala model likert. Data diolah dengan menggunakan teknik persentase, dan untuk menguji hubungan antara kedua variabel digunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan pada hasil penelitian terungkap bahwa 1) menontontindakan kekerasan di media massa siswa berada pada kategori sangat rendah,2) perilaku agresif siswa berada di kategori rendah, 3) terdapat hubungan signifikan antara menonton tindakan kekerasan di media massa 0.014. Melalui hasil penelitian ini, diharapkan agar guru BK dan personil sekolah lainnya bekerja sama dalam meminimalisir munculnya perilaku agresif siswa di sekolah melalui pemberian layanan BK yang dibutuhkan siswa. Di samping itu, juga diharapkan kepada orang tua siswa agar membimbing mengawasi anaknya agar memiliki pemahaman mengenai tayangan media massa yang bermanfaat dan tidak bermanfaat untuk ditonton. Sehingga anak terhindar dari pengaruh negatif tayangan media massa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:43
Last Modified: 11 Feb 2020 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25184

Actions (login required)

View Item View Item