Pengembangan Panduan Peningkatan Identitas Diri dalam Pencegahan Pornografi melalui Layanan Informasi

Pramesti, Advis Arin (2019) Pengembangan Panduan Peningkatan Identitas Diri dalam Pencegahan Pornografi melalui Layanan Informasi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ADVIS_ARIN_PRAMESTI_16151003_4778_2019.pdf

Download (889kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini maraknya pornografi di kalangan remaja menjadi permasalahan serius yang perlu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Kemudahan dalam mengakses internet serta fasilitas berupa gadget membuat remaja dapat dengan mudah terpapar oleh bahaya pornografi. Kondisi ini apabila dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan kecanduan pornografi dan berakibat pada terganggunya perkembangan remaja. Salah satu penyebab individu terpapar oleh bahaya pornografi adalah identitas diri yang rendah. Identitas diri memiliki peran penting bagi perkembangan remaja. Remaja yang gagal dalam mencari identitas diri dapat berperilaku menyimpang. Hal ini terjadi karena remaja tidak bereksplorasi dan berkomitmen dalam menjalani kehidupannya, sehingga menimbulkan kebingungan dalam berperilaku. Salah satu bentuk perilaku menyimpang tersebut adalah pornografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) menghasilkan produk berupa panduan peningkatan identitas diri siswa dalam pencegahan pornografi melalui layanan informasi, (2) tingkat kelayakan panduan layanan informasi untuk meningkatkan identitas diri siswa dalam pencegahan pornografi, (3) tingkat keterpakaian panduan layanan informasi yang digunakan oleh guru BK/Konselor untuk meningkatkan identitas diri siswa dalam pencegahan pornografi, dan (4) tingkat efektivitas layanan informasi yang dilaksanakan guru BK/Konselor terhadap peningkatan identitas diri siswa dalam pencegahan pornografi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model 4-D (Define, Design, Development and Desseminate). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK. Sampel berjumlah 106 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sample Proportional Random Sampling. Subjek uji coba penelitian terdiri dari tiga orang ahli untuk menguji kelayakan, dan tiga orang guru BK/Konselor untuk menguji keterpakaian panduan. Instrumen yang digunakan adalah model skala Likert. Penelitian dilakukan dengan uji coba produk penelitian dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan produk berupa panduan peningkatan identitas diri dalam pencegahan pornografi melalui layanan informasi, (2) panduan peningkatan identitas diri dalam pencegahan pornografi melalui layanan informasi dinilai “sangat layak” secara materi/isi, dan “sangat layak” secara tampilan, (3) tingkat keterpakaian panduan peningkatan identitas diri dalam pencegahan pornografi melalui layanan informasi berada pada kategori “sangat baik”, dan (4) panduan peningkatan identitas diri dalam pencegahan pornografi melalui layanan informasi efektiv digunakan untuk meningkatkan identitas diri siswa dalam pencegahan terhadap pornografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:06
Last Modified: 11 Feb 2020 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25175

Actions (login required)

View Item View Item