Kecerdasan Moral Siswa di SMA Negeri 7 Padang

Tampubolon, Risna Wati (2019) Kecerdasan Moral Siswa di SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_RISNA_ WATI_TAMPUBOLON_15006043_6037_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitiaan ini dilatar belakangi oleh masih adanya siswa yang berkelahi didalam kelas saat proses pembelajaran, adanya siswa yang kurang memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran, kurangnya rasa toleransi terhadap teman sebaya.masih adanya siswa yang tidak menyapa guru saat berpapasan dijalan, masih adanya siswa yang bermain gadget pada saat guru menerangkan pelajaran dan masih adanya siswa yang berbohong kepada guru saat izin permisi keluar kelas. Penelitian ini bertujian untuk mengukur: (1) kecerdasan moral siswa pada aspek empati, (2) kecerdasan moral siswa pada aspek hati nurani,(3) kecerdasan moral siswa pada aspek kontrol diri, (4) kecerdasan moral siswa pada aspek rasa hormat, ( 5) kecerdasan moral siswa pada aspek kebaikan hati, ( 6) kecerdasan moral siswa pada aspek toleransi, (7) kecerdasan moral siswa pada aspek keadilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X, XI, XII SMA Negeri 7 Padang yang berjumlah 303 siswa. alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Temuan penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan aspek empati berada pada kategori tinggi dengan persentase 47,24%. (2) kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan hati nurani berada pada kategori tinggi dengan persentase 41,38%. (3) kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan aspek kontrol diri berada pada kategori tinggi dengan persentase 57,59%.(4) kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan aspek rasa hormat berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 48,97%. (5) kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan aspek toleransi berada pada kategori cukup tinggi dengan persentase 50,50%. (6) kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan aspek kebaikan hati berada pada kategori tinggi 45,17% (7) kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan aspek keadilan berada pada kategori tinggi dengan persentase49,31%. Berdasar kan temuan penelitian disarankan kepada guru BK agar dapat mendukung dan terns memantau perkembangan moral siswa sehingga moral yang sudah baik dapat terpelihara dan guru BK berupaya meningkatkan kecerdasan moral siswa melalui pemberian layananan BK di sekolah yang berkaitan mengenai moral siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:06
Last Modified: 24 Jul 2021 09:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25173

Actions (login required)

View Item View Item