Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kompetensi Belajar IP A Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 2Xl 1 Kayu Tanam.

Chintiya, Debby (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kompetensi Belajar IP A Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 2Xl 1 Kayu Tanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DEBBY_CHINTIYA_15031100_5609_2019.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Permasalahan di SMPN 1 2Xl I Kayu Tanam yaitu model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, keterampilan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatatiftipe Numbered Head Together pada materi klasifikasi makhluk hidup dan klasifikasi benda di SMPN 1 2Xl 1 Kayu Tanam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap kompetensi belajar peserta didik materi klasifikasi makhluk hidup dan klasifikasi benda SMPN 1 2Xl 1 Kayu Tanam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 2Xl 1 Kayu Tanam yang terdaftar Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 113 orang terkelompok dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih kelas VII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan penilaian keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil rata-rata kompetensi pengetahuan kelas eksperimen 74,47 dan kelas kontrol 56,96 rata-rata kompetensi keterampilan kelas eksperimen 84,83 dan kelas kontrol 79,95, pada kompetensi sikap didapatkan rata-rata kelas eksperimen dengan nilai 95% dan kelas kontrol 89%. Analisis data dengan menggunakan uji-t didapatkan hasil t hitung > t tabel yang berarti hipotesis di terima Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik materi klasifikasi makhluk hidup dan klasifikasi benda SMPN 1 2Xl I Kayu Tanam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:05
Last Modified: 11 Feb 2020 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25171

Actions (login required)

View Item View Item