Hubungan Sibling Relationships dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP N 1 Bukittinggi

Yolanda, Yolanda (2019) Hubungan Sibling Relationships dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMP N 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
8_YOLANDA_15011079_ 5476_2019.pdf

Download (988kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan melihat fenomena prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa-siswi SMP N 1 Bukittinggi yang baik baik dalam bidang akademik maupun dalam bidang non-akademik. Prestasi belajar yang diraih oleh para siswa dan siswi diduga terjadi karena mendapatkan dukungan dari orang- orang terdekatnya, salah satunya adalah saudara kandung. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara sibling relationships dengan prestasi belajar pada siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP N 1 Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan incidental sampling yaitu sebanyak 154 orang. Penelitian ini menggunakan skala sibling relationship yang terdapat 38 butir pemyataan dengan nilai reliabilitas 0,902 dan menggunakan rata-rata nilai rapor pada akhir semester untuk mengetahui prestasi belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara sibling relationships dengan prestasi belajar pada siswa SMP N 1 Bukittinggi dengan nilai koefisienkorelasi (r) sebesar 0,249 dan p=0,002 (p<0,01).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:22
Last Modified: 29 Mar 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25169

Actions (login required)

View Item View Item