Pembuatan Alat Ukur Kadar Gula Darah Berdasarkan Tingkat Kekeruhan Spesimen U rin Menggunakan Sensor Warna TCS230 dan Photodioda dengan Tampilan LCD.

Pratiwi, Zalmirda (2019) Pembuatan Alat Ukur Kadar Gula Darah Berdasarkan Tingkat Kekeruhan Spesimen U rin Menggunakan Sensor Warna TCS230 dan Photodioda dengan Tampilan LCD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ZALMIRDA_PRATIWI_15034056_5507_2019.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Diabetes merupakan penyakit akibat rusaknya sistem kerja hormon insulin sehingga kadar gula darah melebihi batas normal. Banyak kasus infeksi terjadi pada saat pengecekan kadar gula darah dengan metode suntikan. Urin dapat digunakan sebagai sampel pengukuran kadar gula darah karena urin mengandung zat-zat buangan tubuh. Perubahan wama urin penderita diabetes dapat dideteksi menggunakan sensor wama TCS230 dan photodioda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi performansi dan spesifikasi desain dari pembuatan alat ukur kadar gula darah berdasarkan tingkat kekeruhan spesimen urin menggunakan sensor wama TCS230 dan photodioda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian rekayasa yang merupakan kegiatan perancangan (design) yang tidak rutin, sehingga di dalamnya terdapat kontribusi baru, baik dalam bentuk proses maupun produk atau prototipe. Spesifikasi performansi menjelaskan komponen pembangun alat ukur, sedangkan spesifikasi desain meliputi ketelitian dan ketepatan alat. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Pengukuran secara langsung dilakukan dengan memvariasikan spesimen urin yang digunakan untuk mendapatkan frekuensi wama dan tegangan. Pengukuran secara tidak langsung yaitu menentukan ketepatan dan ketelitian dari alat ukur kadar gula darah dengan alat ukur standar. Data yang didapatkan melalui pengukuran yaitu berbentuk grafik dan tabel. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan dua hasil penelitian. Pertama, hasil spesifikasi performansi yaitu sebuah alat ukur gula darah dengan box berbentuk balok yang terdiri dari box objek berukuran 8,5x6x8 cm:' dan box rangkaian berukuran 20x10x10 cm'. Sensor diletakkan di dalam box objek. Kedua, hasil spesifikasi desain dengan sampel urin normal, positif 1, positif 3 dan positif 4 didapat ketepatan alat 95,95% dengan kesalahan sebesar 4,44% dan ketelitian 99,25%. Kata Kunci: Gula Darah, Urin, Sensor Wama TCS230, Photodioda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Feb 2020 02:24
Last Modified: 11 Feb 2020 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25168

Actions (login required)

View Item View Item