Hubungan Brand Image dengan Keputusan Pembelian Rokok Sampoerna A Mild pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang

Taufik, Muhamad (2019) Hubungan Brand Image dengan Keputusan Pembelian Rokok Sampoerna A Mild pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
8_MUHAMAD_TAUFIK_14011027_5646_2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Persaingan yang semakin ketat antar para produsen rokok menyebabkan semakin banyaknya merek rokok dan berbagai rasa yang beredar di pasaran. Seiring dengan itu konsumen juga semakin selektif dalam memilih rokok yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, sehingga para produsen rokok dituntut untuk menciptakan image yang positif pada produknya untuk mengurangi risiko dalam pembelian. Salah satu merek rokok yang menguasai pangsa pasar Indonesia adalah Sampoema A Mild. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara brand image dengan keputusan pembelian rokok Sampoema A pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Padang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mengonsumsi rokok Sampoema A Mild dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket skala brand image dan keputusan pembelian. Data diolah menggunakan Teknik statistik deskriptif (mean dan SD) serta menggunakan uji korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek memiliki keputusan pembelian pada kategori tinggi dengan besaran 60% atau 18 orang. Kemudian untuk brand image Sampoema A Mild, dengan besaran 56,6% atau 17 orang berada pada kategori tinggi, dan 11 orang atau 36,6% berada pada kategori sedang, dan 2 orang lainnya atau 6,6% berada pada kategori rendah. Terdapat hubungan yang positif yang sangat signifikan antara brand image dan keputusan pembelian dengan fxy= 0,632 dan p=0,000 (p<O,O 1 ), maka dapat diartikan bahwa ketika brand image meningkat maka keputusan pembelian akan meningkat pula, begitu juga sebaliknya ketika brand image menurun maka keputusan pembelian akan menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Feb 2020 02:24
Last Modified: 11 Feb 2020 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25167

Actions (login required)

View Item View Item