Pengembangan Bahan Ajar Literasi Membaca Permulaan dengan Metode Bernyanyi sebagai Upaya Pengimplementasian Bermain Sambil Belajar di Taman Kanak-kanak

Izzati, Izzati and Arief, Darnis and Mayar, Farida (2018) Pengembangan Bahan Ajar Literasi Membaca Permulaan dengan Metode Bernyanyi sebagai Upaya Pengimplementasian Bermain Sambil Belajar di Taman Kanak-kanak. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_173_lapakh_LAPORANAKHIRIZZATIOK.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran membaca anak di taman kanak-kanak cenderung dilakukan dengan penggunaan kartu huruf secara monoton. Pembelajaran membaca masih dilakukan tanpa mengajak anak bernyanyi dan bermain sambil belajar. Minimnya pembelajaran membaca yang dilakukan dengan nyanyian dan permainan membuat anak mulai pembelajaran dengan aktivitas yang serupa dan kurang membahagiakan anak. Mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan pengembangan literasi membaca permulaan dengan menghasilkan inovasi dan pengembangan menggunakan metode bernyanyi sebagai upaya pengimplementasian bermain sambil belajar di TK yang ditunjukkan dengan adanya bahan ajar hasil pengembangan yang mengajak anak bermain dan bernyanyi dalam proses pembelajaran. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji profil pengembangan danmenyusun prototipe berupa bahan ajar literasi membaca permulaan dengan menggunakan metode bernyanyi untuk anak TK, (2) mengkaji praktikalitas pengembangan bahan ajar literasi membaca permulaan dengan menggunakan metode bernyanyi untuk anak TK, dan (3) mengkaji efektivitas melalui pengembangan bahan ajar literasi membaca permulaan dengan menggunakan metode bernyanyi untuk anak TK. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian tahun pertama, mengkaji deskripsi kebutuhan profil pengembangan bahan ajar literasi membaca permulaan dengan menggunakan metode bernyanyi untuk anak TK. Tahun pertama ini menghasilkan produk berupa bahan ajar literasi membaca permulaan dengan menggunakan metode bernyanyi untuk anak TK. Penelitian tahun kedua, dilakukan untuk pengembangan bahan ajar keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan metode bernyanyi untuk anak TK. Pada tahun kedua menghasilkan produk bahan ajar literasi membaca permulaan dengan menggunakan metode bernyanyi untuk anak TK yang praktis dan efektif. Metode pengembangan bahan ajar literasi membaca permulaan dengan menggunakan metode bernyanyi untuk anak TK yang digunakan yaitu model pengembangan R2D2 dengan langkah Recursive, Reflektive Instructional Design dan Development. Penelitian tahun kedua, dilakukan mengujicoba bahan ajar mengetahui tingkat kemudahan bahan ajar digunakan di SD dan mengetahui tingkat efektivitas bahana ajar untuk digunakan di SD. Temuan penelitian tahun kedua menunjukkan bahwa bahan ajar literasi membaca permulaan dengan menggunakan metode bernyanyi untuk anak TK sudah dinyatakan praktis dan efektif digunakan di TK.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:12
Last Modified: 10 Feb 2020 14:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25159

Actions (login required)

View Item View Item