Pengembangan Literasi Membaca dengan Menggunakan Cerita Rakyat Nusantara sebagai Bentuk Penanaman Nilai Sosial Budaya untuk Siswa SD

Muhammadi, Muhammadi and Taufina, Taufina and Mayarnimar, Mayarnimar (2018) Pengembangan Literasi Membaca dengan Menggunakan Cerita Rakyat Nusantara sebagai Bentuk Penanaman Nilai Sosial Budaya untuk Siswa SD. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_164_lapakh_LAPORANAKHIRMUHAMMADI1.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Indonesia sedang gencar menyoroti Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Rendahnya literasi membaca siswa SD Indonesia di mata dunia dan turunnya pemahaman siswa tentang sosial budaya menjadi cambuk bagi pelaku pendidikan di Indonesia. Mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan inovasi dan pengembangan literasi membaca dengan menggunakan cerita rakyat nusantara sebagai bentuk penanaman nilai sosial dan budaya siswa SD yang perlu direalisasikan dalam kehidupan nyata siswa. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji profil pengembangan danmenyusun bahan ajar literasi membaca dengan menggunakan cerita rakyat nusantara sebagai bentuk penanaman nilai sosial dan budaya siswa SD. (2) mengkaji praktikalitas pengembangan literasi membaca dengan menggunakan cerita rakyat nusantara sebagai bentuk penanaman nilai sosial dan budaya siswa SD, dan (3) mengkaji efektivitas melalui pengimplementasian pengembangan literasi membaca dengan menggunakan cerita rakyat nusantara sebagai bentuk penanaman nilai sosial dan budaya siswa SD. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian tahun pertama, mengkaji deskripsi kebutuhan profil pengembangan literasi membaca dengan menggunakan cerita rakyat nusantara sebagai bentuk penanaman nilai sosial dan budaya siswa SD baik kebutuhan praktis maupun kebutuhan strategis. Tahun pertama menghasilkan produk berupa bahan ajar literasi membaca dengan menggunakan cerita rakyat nusantara sebagai bentuk penanaman nilai sosial dan budaya siswa SD yang sudah divalidasi. Penelitian tahun kedua, dilakukan untuk praktikalitas dan efektivitas pengembangan literasi membaca dengan menggunakan cerita rakyat nusantara. Metode pengembangan literasi membaca dengan menggunakan cerita rakyat nusantara sebagai bentuk penanaman nilai sosial dan budaya siswa SD yang digunakan yaitu model Plomp. Model Plomp yang digunakan dapat mengetahui kebutuhan siswa pada tahap preliminaryresearch. Tahap berikutnya, pada prototyping phase menghasilkan desain prototype dengan self evaluation, dan expert review evaluation. Hasil evaluasi dilanjutkan dengan ujicoba dengan metode small group dan fielt test evaluation untuk mengetahui praktikalitas. Tahap terakhir, pada assesment stage dilakukan ujicoba dengan metode fielt test evaluation untuk mengetahui efektivitas. Penelitian tahun Kedua, dilakukan untuk mengkaji praktikalitas dan efektivitasbahan ajar literasi membaca dengan menggunakan cerita rakyat nusantara sebagai bentuk penanaman nilai sosial budaya untuk siswa SD. Tahun kedua ini telah menghasilkan produk berupa:bahan ajar literasi membaca dengan menggunakan cerita rakyat nusantara sebagai bentuk penanaman nilai sosial budaya untuk siswaSD yang sudah diujicoba untuk menentukan kemudahan penggunaannya di SD dan dinyatakan praktis dan efektif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:29
Last Modified: 10 Feb 2020 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25152

Actions (login required)

View Item View Item