Kompetensi Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa (Satuan Kajian Mixed Method)

Mahyuddin, Ritawati and Sukma, Elfia and Rahmatina, Rahmatina (2018) Kompetensi Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa (Satuan Kajian Mixed Method). Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_159_lapakh_LAPORANAKHIR100TAHUN2baru.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi yang perlu dikuasai oleh mahasiswa dalam mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji kompetensi yang perlu dikuasai oleh mahasiswa dalam mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia menurut dosen, pengawas sekolah dasar, dan guru; (2) mengkaji kerangka kompetensi mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia; dan (3) mengkaji pengembangan silabus dan draft modul mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia. Penelitian pada tahun pertama bertujuan untuk mengkaji kompetensi yang perlu dikuasai oleh mahasiswa dalam mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia dan mengkaji kerangka kompetensi mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran yang bertujuan untuk mendapatkan hasil penelitian yang komprehensif. Alat penelitian yang digunakan yaitu pertanyaan wawancara dan kuesioner. Formulir wawancara digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden secara kualitatif, sedangkan kuesioner digunakan untuk memperoleh jawaban responden secara kuantitatif. Tahun pertama ini telah menghasilkan kerangka kompetensi mata kuliah peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia yaitu kompetensi aspek kognitif dengan lima indikator, yaitu teori keterampilan berbahasa yang terdiri dari empat subkonstruk yaitu hakikat menyimak, hakikat berbicara, hakikat membaca, dan hakikat menulis; metode pembelajaran keterampilan berbahasa; penilaian pembelajaran keterampilan berbahasa; keterampilan menyimak; dan keterampilan membaca. Kompetensi aspek afektif dengan dua indikator, yaitu kesungguhan terhadap pembelajaran keterampilan berbahasa dan motivasi dalam pembelajaran keterampilan berbahasa. Kompetensi aspek psikomotor dengan tiga indikator yaitu keterampilan berbicara dan menulis, keterampilan menggunakan media, dan keterampilan melaksanakan pembelajaran keterampilan berbahasa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:27
Last Modified: 10 Feb 2020 04:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25150

Actions (login required)

View Item View Item