Pengembangan Bahan Ajar Literasi Kewarganegaraan Berbasis Pendekatan VCT Model Matriks sebagai Upaya Mewujudkan Good Citizen di Kelas V Sekolah Dasar

Reinita, Reinita and Amini, Risda (2018) Pengembangan Bahan Ajar Literasi Kewarganegaraan Berbasis Pendekatan VCT Model Matriks sebagai Upaya Mewujudkan Good Citizen di Kelas V Sekolah Dasar. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_150_lapakh_REINITA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Guru sekolah dasar (SD) kurang berhasil membelajarkan PKn secara utuh. Hal tersebut terlihat dari kecenderungan penuntasan materi pembelajaran secara kognitif. Sehingga menyebabkan pembinaan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila menjadi terabaikan. Hasilnya perilaku negatif masih saja muncul dan berkembang di kalangan peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukanlah pengembangan bahan ajar literasi kewargaan menggunakan pendekatan VCT model matriks sebagai upaya mewujudkan peserta didik menjadi warga negara yang baik (good citizen). Bahan ajar ini membantu praktisi di lapangan untuk mengajarkan bidang studi PKn secara utuh, meliputi aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar literasi kewargaan berbasis pendekatan VCT model matriks sebagai upaya mewujudkan good citizen di kelas V SD yang valid dan praktis. Target yang ingin dicapai dalam penelitian tahun pertama ini adalah menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan bahan ajar literasi kewargaan berbasis pendekatan VCT model matriks di kelas V SD yang valid dan praktis. Metode pengembangan bahan ajar literasi kewargaan berbasis pendekatan VCT model matriks di kelas V SD yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu: (1) analysis (analisis), (2) design (desain), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), dan (5) evaluasi (evaluasi). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembaran validasi bahan ajar. Berdasarkan hasil uji validitas bahan ajar diperoleh persentase rata-rata bahan ajar 91,25% dari validator dengan kategori sangat valid. Data penelitian dari uji praktikalitas diperoleh melalui angket respon guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil uji praktikalitas bahan ajar diperoleh penilaian respon guru mencapai 100% dengan kategori sangat praktis dan penilaian respon peserta didik mencapai 90% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa bahan ajar literasi kewargaan berbasis pendekatan VCT model matriks sebagai upaya mewujudkan good citizen di kelas V SD dinyatakan sudah valid dan praktis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:27
Last Modified: 10 Feb 2020 04:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25149

Actions (login required)

View Item View Item