Meningkatkan Keterampilan Mengganti Oli Sepeda Motor Melalui Metode Latihan (Drill) Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research pada Kelas VII di SLB N 2 Padang).

Putra, Rian Ananda (2019) Meningkatkan Keterampilan Mengganti Oli Sepeda Motor Melalui Metode Latihan (Drill) Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research pada Kelas VII di SLB N 2 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_RIAN_ANANDA_PUTRA_15003098_5392_2019.pdf

Download (98MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, adanya 2 anak tunagrahita ringan yang kurang mampu mengikuti pembelajaran keterampilan perbengkelan, sehingga mengakibatkan anak mengalami masalah dalam pembelajaran mengganti oli sepeda motor. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru dalam meningkatkan keterampilan mengganti oli sepeda motor melalui metode latihan bagi anak tunagrahita ringan di SLB N 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pendidikan melalui perubahan, mendorong para guru,atau tutor untuk memikirkan praktik mengajar sendiri. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas VIII. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan anak tunagrahita ringan berjumlah 2 orang berinsial AD dan DP yang memiliki masalah dalam pembelajaran perbengkelan yaitu mengganti oli sepeda motor. Penelitian dilakukan di SLB N 2 Padang dan kegiatan penelitian ini dilakukan dua siklus dengan delapan pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengganti oli sepeda motor. Pada kondisi awal mendapatkan perolehan nilai AD 38%. Pada siklus I terjadi peningkatan 70% dan siklus II juga terjadi peningkatan 88%. Sedangkan DP mendapatkan nilai pada kondisi awal 46%, pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan menjadi 73% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:29
Last Modified: 10 Feb 2020 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25146

Actions (login required)

View Item View Item