Pengaruh LKPD Berbasis Inkuiri dan Kemampuan Awai Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik dalam Model Pembelajaran Inkuiri pada Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang.

Maurisni, Essa (2019) Pengaruh LKPD Berbasis Inkuiri dan Kemampuan Awai Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik dalam Model Pembelajaran Inkuiri pada Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ESSA_MAURISNI_15177057_5019_2019.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari basil belajar biologi yang belum memuaskan. Hal ini disebabkan adanya peserta didik yang belum menguasai materi pelajaran, perlu adanya suatu pcmecahan agar peserta didik mcmpcroleh basil belajar yang baik. LKPD biologi berbasis inkuiri digunakan dengan menyesuaikan pada kurikulum 2013 yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar. Kemampuan awal peserta didik perlu diketahui oleh guru sebelum memulai pembelajaran, untuk mengetahui apakah peserta didik mempunyai pengetahuan sebelum mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N egeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun pelaj aran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan didapatkan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIile sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t, uji anava dua arah dengan uji lanjutan uji bonferroni. Dari basil penelitian menunjukan bahwa kompetensi belajar ranah kognitif dan psikomotor peserta didik yang belajar dengan LKPD berbasis inkuiri dalam model pembelajaran inkuiri Iebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Tidak terdapat interaksi antara penggunaan LKPD berbasis inkuiri dan kemampuan awal terhadap kompetensi belajar ranah kognitif dan psikomotor peserta didik. ii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Feb 2020 12:14
Last Modified: 09 Feb 2020 12:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25133

Actions (login required)

View Item View Item