Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Larning (PBL) Berbantuan LKS Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Terhadap Kompetensi Fisika Siswa MAN 1 Kerinci.

Nurhaliza, Putri (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Larning (PBL) Berbantuan LKS Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Terhadap Kompetensi Fisika Siswa MAN 1 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_PUTRI_NURHALIZA_15033012_5414_2019.pdf

Download (872kB) | Preview

Abstract

Usaha pemerintah dalam meningkatkan kompetensi siswa belum mencapai hasil yang diinginkan. Hal ini terlihat dari nilai kompetensi siswa yang masih di bawah KKM. Diantara penyebabnya yaitu model pembelajaran yang diterapkan belum sesuai dengan tuntutan kurikulum, LKS yang digunakan belum berbasis model pembelajaran yang digunakan. Solusi dari permasalahan ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kompetensi Fisika siswa MAN 1 Kerinci antara kelas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan yang tidak serta untuk mengetahui persentase pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada kompetensi Fisika siswa MAN 1 Kerinci. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 1 di MAN 1 Kerinci yang terdaftar di Tahun Akademik (TA) 2018 I 2019. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini meliputi data pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Data pencapaian kompetensi sikap diperoleh melalui lembar penilaian observasi. Data pencapaian kompetensi pengetahuan diperoleh melalui posttest. Data pencapaian kompetensi keterampilan diperoleh melalui lembar penilaian unjuk kerja. Data pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan kemudian dihubungkan dengan nilai LKS model pembelajaran Problem Based Learning. Data pencapaian kompetensi Fisika siswa dianalisis menggunakan uji hipotesis dan uji pengaruh berupa uji regresi dan uji hubungan dua variabel. Setelah melakukan penelitian dan melanjutkan dengan menganalisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian kompetensi fisika di kelas X MAN 1 Kerinci. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mempengaruhi pencapaian kompetensi sikap sebesar 15,52%, pencapaian kompetensi pengetahuan sebesar 21,12% sedangkan pencapaian kompetensi keterampilan siswa adalah 16, 7 5%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembellajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang berarti terhadap kompetensi Fisika siswa kelas X MAN 1 Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Feb 2020 12:13
Last Modified: 09 Feb 2020 12:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25127

Actions (login required)

View Item View Item