Kecenderungan Perilaku Bullying di SMP N 12 Padang Serta Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Dianes, Mona (2019) Kecenderungan Perilaku Bullying di SMP N 12 Padang Serta Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_MONA_DIANES_15006130_6129_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bullying merupakan situasi dimana terjadi sebuah penyalahgunaan kekuatan/kekuasaaan yang dilakukan oleh pelaku (bullies) kepada korban (victims). Berdasarkan fenomena yang peneliti dapat di lapangan serta pada saat melakukan wawancara dengan beberapa guru bimbingan dan konseling dan siswa didapatkan informasi bahwa terdapat siswa/siswi yang menjadi pelaku bullying (bullies), siswa melakukan tindakan perpeloncoan, siswa melakukan tindakan memanggil teman dengan nama julukan, melakukan tindakan kekerasan seperti mencubit, memeras dan mengancam. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) kecenderungan perilaku bullying dari jenis bullying verbal, (2) kecenderungan perilaku bullying dari jenis bullying fisik, (3) kecenderungan perilaku bullying dari j enis bullying relasional, dan (4) kecenderungan perilaku bullying dari j enis perilaku cyberbullying, Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dan IX SMP N 12 Padang yang tercatat dalam buku kasus guru bimbingan dan konseling sebanyak 45 orang (13 Perempuan dan 32 Laki-laki) yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket perilaku bullying. Data di analisis dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa ( 1) Kebanyakan siswa (46,67%) memiliki kecenderungan perilaku bullying verbal tinggi. Perilaku bullying yang paling banyak dilakukan siswa adalah memaki teman yang mencari perhatian di kelas, (2) Kebanyakan siswa ( 62,22%) memiliki kecenderungan perilaku bullying fisik sedang. Perilaku yang paling banyak dilakukan siswa adalah meminta barang-barang yang disukai kepada teman dengan cara memaksa, (3) Kebanyakan siswa ( 68,89%) memiliki kecenderungan perilaku bullying relasional tinggi. Perilaku yang paling banyak dilakukan siswa adalah bersikap acuh tak acuh kepada teman yang tidak disenangi, (4) Kebanyakan siswa (57,78%) memiliki kecenderungan perilaku bullying cyberbullying sedang. Perilaku yang paling banyak dilakukan siswa adalah menakut-nakuti teman yang tidak disukai melalui handphone dengan nomor yang disembunyikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Feb 2020 07:22
Last Modified: 07 Feb 2020 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25122

Actions (login required)

View Item View Item