Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika SD Kelas Tinggi di Jurusan PGSD

Syafri, syafri and Masniladevi, Masniladevi and Madina, Ameliza and Rezi, Iqbal Fahru (2018) Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika SD Kelas Tinggi di Jurusan PGSD. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_144_lapakh_OKAY_LAPORAN_AKHIR_SYAFRI_HOTS.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen HOTS dalam pembelajaran matematika kelas tinggi di jurusan PGSD. Secara Khusus tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan instrumen HOTS dalam pembelajaran matematika di kelas tinggi di jurusan PGSD, (2) mengkaji praktikalitas dan efektivitas melalui pengimplementasikan instrument HOTS dalam pembelajaran matematika kelas tinggi di jurusan PGSD. Penelitian tahun pertama, dilakukan dengan mengkaji analisis kebutuhan terhadap istrumen HOTS, berdasarkan kebutuhan tersebut maka dikembangkan lah suatu instrumen yang dapat mengukur kemampuan HOTS mahasiswa jurusan PGSD pada pembelajaran matematika kelas tinggi di jurusan PGSD. Tahun pertama ini telah menghasilkan instrumen yang dapat mengukur tingkat kemampuan HOTS mahasiswa jurusan PGSD. Instrumen HOTS berdasarkan validasai oleh pakar ahli dinyatakan layak untuk di uji cobakan. Uji coba pada kelompok kecil menyatakan bahwa HOTS mahasiswa Jurusan PGSD masih rendah. Penelitian tahun kedua, dilakukan untuk menguji praktilitas dan efektivitas pengembangan instrument HOTS pada pembelajaran matematika kelas tinggi. Tahap ini dilakukan dengan cara mengimplementasikan pengembangan instrumen HOTS dalam pembelajaran matematika kelas tinggi di jurusan PGSD. Hasil penelitian tahun kedua ini adalah menghasilkan data bahwa Instrumen HOTS yang dikembangkan pada tahun pertama parktis dan efektif. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Model pengembangan yang di pakai sama dengan model pengembangan pada tahun kedua yaitu ADDIE. Namun pada penelitian ini lebih di fokuskan kepada tahapan implementasi dan evaluasi. Instrumen pendekatan kualitatif pada penelitian ini menggunakan angket dan lembar observasi untuk menguji praktikalitas dan efektivitas. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan PGSD FIP UNP dengan teknik penarikan sampel porposive sampling yaitu mahasiswa PGSD tahun masuk 2015 dengan alasan mahasiswa PGSD angkatan 15 telah selesai memenuhi mata kuliah matematika di jurusan PGSD.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Feb 2020 07:22
Last Modified: 07 Feb 2020 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25119

Actions (login required)

View Item View Item