Pengembangan Literasi Membaca dengan Menggunakan Kisah Nabi Muhammad sebagai Upaya Penanaman Sikap Spiritual untuk Siswa SD

Mayarnimar, Mayarnimar and Taufina, Taufina and Muhammadi, Muhammadi and Amerta, Sri (2018) Pengembangan Literasi Membaca dengan Menggunakan Kisah Nabi Muhammad sebagai Upaya Penanaman Sikap Spiritual untuk Siswa SD. Project Report. Universitas Negeri Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
1_139_lapakh_BuMayarnimarLaporanAkhir1.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Indonesia sedang gencar menyoroti Pendidikan Karakter. Rendahnya literasi membaca siswa SD Indonesia di mata dunia dan turunnya pemahaman siswa tentang sikap spiritual menjadi cambuk bagi pelaku pendidikan di Indonesia. Mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan inovasi dan pengembangan literasi membaca dengan menggunakan kisah nabi sebagai bentuk penanaman sikap spiritual untuk siswa SD yang perlu direalisasikan dalam kehidupan nyata siswa. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji profil pengembangan dan menyusun bahan ajar literasi membaca dengan menggunakan kisah nabi sebagai bentuk penanaman sikap spiritual untuk siswa SD. (2) mengkaji praktikalitas pengembangan literasi membaca dengan menggunakan kisah nabi sebagai bentuk penanaman sikap spiritual untuk siswa SD, dan (3) mengkaji efektivitas melalui pengimplementasian pengembangan literasi membaca dengan menggunakan kisah nabi sebagai bentuk penanaman sikap spiritual untuk siswa SD. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian tahun pertama, mengkaji deskripsi kebutuhan profil pengembangan literasi membaca dengan menggunakan kisah nabi sebagai bentuk penanaman sikap spiritual untuk siswa SD baik kebutuhan praktis maupun kebutuhan strategis. Tahun pertama menghasilkan produk berupa bahan ajar literasi membaca dengan menggunakan kisah nabi sebagai bentuk penanaman sikap spiritual untuk siswa SD. Penelitian tahun kedua, dilakukan untuk pengembangan literasi membaca dengan menggunakan kisah nabi sebagai bentuk penanaman sikap spiritual untuk siswa SD. Berdasarkan buku literasi membaca yang disusun di tahun pertama dilakukan uji coba produk untuk melihat praktikalitas dan efektivitasnya. Pada tahun kedua menghasilkan produk buku literasi membaca dengan menggunakan kisah nabi sebagai bentuk penanaman sikap spiritual untuk siswa SD yang siap dipublikasikan. Metode pengembangan literasi membaca dengan menggunakan kisah nabi sebagai bentuk penanaman sikap spiritual untuk siswa SD yang digunakan yaitu model Plomp (preliminary research, prototyping phase, dan assesment stage). Model Plomp yang digunakan dapat mengetahui kebutuhan siswa pada tahap preliminary research. Tahap berikutnya, pada prototyping phase menghasilkan desain prototype dengan self evaluation dan expert review evaluation. Buku ajar diujicoba dengan metode one to one evaluation, small group, dan fielt test evaluation untuk mengetahui praktikalitas. Tahap terakhir, pada assesment stage dilakukan ujicoba dengan metode fielt test evaluation untuk mengetahui efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar literasi membaca dengan menggunakan kisah nabi sebagai bentuk penanaman sikap spiritual untuk siswa SD sudah valid dan dapat diujicobakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Feb 2020 07:21
Last Modified: 07 Feb 2020 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25118

Actions (login required)

View Item View Item