Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme untuk Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Saintifik

Syarifuddin, Hendra and Mukhni, Mukhni and Murni, Dewi (2018) Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme untuk Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Saintifik. Project Report. Universitas Negeri Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
1_335_lapakh_LaporanAkhirPUPT2018_HendraSyarif1.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Salah satu persoalan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran matematika adalah terbatasnya perangkat pembelajaran yang bisa mereka gunakan. Kalaupun ada, perangkat tersebut umumnya belum mengakomodasi suatu rancangan/model pembelajaran tertentu. Untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, perangkat pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan desain pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika untuk SMP berbasis model-model pembelajaran konstruktivis yang valid, praktis, dan efektif. Berkaitan dengan produk yang dihasilkan ini, penelitian ini juga akan melihat sejauh mana efektifitas pembelajaran dengan model yang menggunakan perangkat tersebut terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan oleh guru dan siswa matematika SMP untuk melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara lebih baik dan memberikan dampak yang optimal pada capaian pembelajaran oleh siswa. Pengembangan perangkat ini juga dimaksudkan untuk mengatasi keterbatasan sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pengimplementasian Kurikulum 2013. Tahap awal (tahun pertama) penelitian ini telah berhasil mendapatkan perangkat untuk model pembelajaran konstruktivis berbasis pendekatan saintifik untuk pembelajaran matematika SMP yang valid, praktikal, dan efektif. Hasil tahun kedua penelitian menunjukkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan penalaran, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika pada aspek kognitif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Feb 2020 04:57
Last Modified: 07 Feb 2020 04:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25115

Actions (login required)

View Item View Item