Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 IV Koto.

Dewi, Mutia Sri Ratna (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 IV Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MUTIA_SRI_RATNA_DEWI 15029056_5352_2019.pdf

Download (734kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika sehingga harus dimiliki dan ditumbuhkembangkan oleh peserta didik. Namun berdasarkan dari hasil observasi di kelas VII SMPN 1 IV Kato terlihat bahwa kemampuan komunikasi matematis masih tergolong rendah. Penyebab dari hal ini adalah peserta didik terbiasa mengerjakan soal yang dicontohkan guru serta meniru langkah penyelesaian dari suatu permasalahan. Salah satu solusi yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yaitu penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas VIII SMPN 1 IV Kato tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (quasy experiment) dengan model rancangan Randomized Control-Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 IV Kato dengan sampel kelas VIII.2 dan VIII.4. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan kuis berbentuk soal essay. Data perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dianalisis dengan hasil kuis dan tes kemampuan komunikasi dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis kuis diperoleh bahwa perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik meningkat dan hasil analisis tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh Tara] Kesalahan = 0.018 . Artinya kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik daripada kemampuan komunikasi peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas VIII SMPN 1 IV Kato tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2020 04:58
Last Modified: 07 Feb 2020 04:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25113

Actions (login required)

View Item View Item