Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble disertai Tugas Rumah Berupa Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Along.

Minaka, Astri (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble disertai Tugas Rumah Berupa Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Along. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ASTRI MINAKA_15031092_5798_2019.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Permasalahan proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Lubuk Alung yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, hasil belajar peserta didik masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble disertai tugas rumah berupa Mind Mapping pada materi sistem gerak pada makhluk hidup di SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble disertai dengan tugas rumah berupa Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. J enis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal posttest untuk penilaian pengetahuan, lembar observasi untuk penilaian sikap dan keterampilan. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penilaian pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 3.89 > habel 1.67, pada penilaian sikap peserta didik diperoleh nilai thitung 4. 72 > habel 1.67, dan pada penilaian keterampilan nilai thitung 2.64 > habel 1.67. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble disertai dengan tugas rumah berupa Mind Mapping berpengaruh positif terhadap penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Kata kunci: Kooperatif Tipe Scramble, Mind Mapping, Hasil Be/ajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2020 04:58
Last Modified: 07 Feb 2020 04:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25110

Actions (login required)

View Item View Item