Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Guru Pendidik Khusus di Sekolah Inklusi SMK N 7 Padang (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SMK Negeri 7 Padang).

Aulia, Rahmi (2019) Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Guru Pendidik Khusus di Sekolah Inklusi SMK N 7 Padang (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SMK Negeri 7 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_RAHMI_AULIA_15003134_5362_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SMK N 7 Padang, disana terdapat 20 orang anak berkebutuhan khusus, namun hanya ada satu orang Guru Pendidik Khusus yang disediakan oleh sekolah tersebut. Walaupun memiliki Guru Pendidik Khusus hanya satu orang, sekolah tetap bekerja sama dengan semua pihak seperti guru kelas, Guru Pendidik Khusus dari orang tua, dan tim inklusi untuk mengoptimalkan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan cara Guru Pendidik Khusus membimbing 20 orang anak di sekolah tersebut dengan jenis anak yang berbeda-beda. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru Pendidik Khusus yang bertugas di SMK N 7 Padang. Untuk sumber data yaitu dari GPK, sedangkan untuk sumber penunjangnya didapatkan dari kepala sekolah, guru bidang studi, dan siswa ABK di sekolah SMK N 7 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Guru Pendidik Khusus di sekolah ini dibantu dengan tim inklusi, guru kelas, serta Guru Pendidik Khusus yang dibayar pribadi oleh orang tua, bagi orang tua yang tidak memiliki Guru Pendidik Khusus pribadi maka orangtua sendiri yang turun langsung membimbing anak di kelas, hal ini dimusyawarahkan dulu untuk mencari jalan keluar dengan keadaan yang kekurang Guru Pendidik Khusus. KataKunci : Guru Pendidik Khusus, tugas pokok GPK, fungsi GP ABSTRACT The implementation of main duty and special guidance teacher function in vocational School of SMK N 7 Padang (qualitative descriptive research in SMK Negeri 7 Padang). by: Rahmi Aulia This research is backed by problems found in SMK N 7 Padang, there are 20 children with special needs, but only one special guidance teacher is provided by the school. Despite having only one person special guidance teacher, the school continues to work together to optimize education for children with disabilities. The purpose of this study is to reveal the way a special guidance teacher is to guide the 20 children in the school to different types of children. The research method used is descriptive with a qualitative approach. The subject of this research is a special guidance teacher who served in SMK N 7 Padang. For the data source itself is from GPK, while for the source of the visitors are obtained from the school principal, teachers in the field of study, and students ABK at SMK N 7 Padang School. The results show that, special tutoring teachers in the school were assisted with the inclusion teams, class teachers, and special tutoring teachers who were privately paid by parents, for parents who do not have personal special guidance teachers then parents itself which goes down directly to the child in the classroom, this is discussed first to find a way out with a situation lacking a special guidance teacher. Keywords: Special guidance teacher, GPK main task, GPK function.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Feb 2020 04:58
Last Modified: 07 Feb 2020 04:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25109

Actions (login required)

View Item View Item