Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MIA SMAN 2 Padang Tahon Pelajaran 2019/2020.

Ni'mah, Elvi Alpiatun (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MIA SMAN 2 Padang Tahon Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ ELVI_ALPIATUN_NIMAH_15029006_5008-2019.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di SMAN 2 Padang dengan memberikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelaj arannya dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas XI MIA SMA Negeri 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI MIA2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran langsung pada kelas XI MIA SMA Negeri 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2020 04:58
Last Modified: 07 Feb 2020 04:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25108

Actions (login required)

View Item View Item