Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas III SD Negeri 18 Tarok Dipo Kota Bukittinggi

Aulia, Rifqa Nissa (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas III SD Negeri 18 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_RIFQA_NISSA_AULIA_ 1200645_5890_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses belajar guru belum menerapkan teknik dan metode pembelajaran yang bervariasi, pembelajaran masih bersifat konvensional, yaitu menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, tidak adanya pembaharuan model pembelajaran yang dilakukan guru, dan guru tidak mengarahkan siswa dalam kerja kelompok untuk memecahkan masalah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara guru menguasai dan menerapkan berbagai strategi yang di dalamnya terdapat pendekatan, metode dan teknik secara spesifik. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatiftipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III, yang jumlah siswanya 29 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) RPP siklus I 69,6 % dan siklus II 89,2 %, b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I 72,5 % dan siklus II 95 %, c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I 72,5 % dan siklus II 95 %, d) basil belajar siswa siklus I 77,5 dan siklus II 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Head Together dapat meningkatkan basil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Feb 2020 04:57
Last Modified: 24 Jul 2021 09:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25107

Actions (login required)

View Item View Item