Efektifitas Penggunaan Media PembelajaranPermainan Ludo Kimia Berbasis Chemo-Edutainment pada Materi Struktur Atom terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 3 Padang.

Fadillah, Annisa Rezky (2019) Efektifitas Penggunaan Media PembelajaranPermainan Ludo Kimia Berbasis Chemo-Edutainment pada Materi Struktur Atom terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ANNISA_REZKY_FADILLAH_15035094_5588_2019.pdf

Download (616kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tersedianya media pembelajaran permainan ludo kimia berbasisChemo-Edutainmentpada materi Struktur Atom yang telah valid dan praktis namun belum diuji keefektivitannya terhadap basil belajar siswa.Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menentukan tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan ludo kimia berbasis Chemo-Edutainmentpada materi Struktur Atom terhadap basil belajar siswa kelas X SMA N 3 Padang. Jenis penelitian ini adalabQuasi-Experimental Research dengan rancangan penelitianNon-equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIP A SMA N 3 Padang. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik Purposive- Samplingsebingga didapatkan kelas X MIP A 4 ssebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalah tes basil belajar kognitif dengan memberikan pretest dan posttest berupa tes objektif dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 25 butir soal yang diambil dari 40 soal yang telah diujicobakan. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan basil hitung (2,77)> t-tabel (1,67), uji N-Gain dengan basil rata-rata uji N-Gain dari kelas eksperimen adalah 0,762 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol adalah 0,687 dengan kategori sedang, serta persentase ketuntasan belajar kelas eksperimen sebesar 80,56% dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol sebesar 61,11 % dengan kategori cukup. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran permainan ludo kimia berbasis Chemo-Edutainmentpada materi Struktur Atom efektif meningkatkan basil belajar siswa kelas X SMA N 3 Padang. Kata Kunci: Efektivitas, ludo kimia, struktur atom, hasil belajar, uji-t, uji N-Gain, persentase ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Feb 2020 15:32
Last Modified: 06 Feb 2020 15:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25100

Actions (login required)

View Item View Item