Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Basil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang.

Nurvitasari, Septia (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Basil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SEPTIA_NURVITASARI_14029096_5015_2019.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran matematika permasalahan yang sering dihadapi adalah hasil belajar Peserta Didik yang masih rendah. Salah satu faktor penyebab terjadinya adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan matematis yang baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika Peserta Didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar Peserta Didik yang menggunakan pembelajaran discovery learning dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua kelas VIII pada SMPN 13 Padang pada tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika yang berbentuk soal essay yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai Peserta Didik kelas eksperimen yaitu sebesar 70 dan rata-rata nilai Peserta Didik kelas kontrol yaitu sebesar 57,68. Hasil uji hipotesis menunjukkan taraf nyata a = 0,05 diperoleh P-value = 0,002 atau tolak Ho, artinya hasil belajar matematika Peserta Didik yang menggunakan model discovery learning lebih baik daripada hasil belajar matematika Peserta Didik dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 13 Padang. Dapat disimpulkan bahwa model discovery learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika Peserta Didik. Kata kunci- model discovery learning, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Feb 2020 15:31
Last Modified: 06 Feb 2020 15:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25098

Actions (login required)

View Item View Item