Pengaruh Kooperatif Penerapan Model Pembelajaran Tipe Make a Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh.

Rahmi, Dwi Novia (2019) Pengaruh Kooperatif Penerapan Model Pembelajaran Tipe Make a Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DWI_NOVIA_RAHMI_15029094_5544_2019.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika dalam Permendikbud No. 58 tahun 2014 yaitu pemahaman konsep matematika, namun di SMP Negeri 3 Payakumbuh kemampuan ini masih belum optimal, hal ini di sebabkan oleh peserta didik yang kurang berminat terhadap pembelajaran matematika. Belum optimalnya kemampuan ini, akan berpengaruh pada kemampuan matematis lainnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan melibatkan partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran. Model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelaj aran konvensional. Jenis penelitian adalah quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh tahun pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simplerandom sampling, terpilihlah kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan VIII.9 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berupa soal esai. Data basil tes didianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,012, artinya Pemahaman Konsep Matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran tipe Make a Match lebih baik daripada Pemahaman Konsep Matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 3 Payakumbuh. Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match, Model Pembelajaran Konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Feb 2020 15:31
Last Modified: 06 Feb 2020 15:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25097

Actions (login required)

View Item View Item