Pengembangan Perangkat Fisika SMA Berbasis Model Problem Based Learning Terintegrasi Nilai-nilai Karakter untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Peserta Didik

Wibowo, Eko Ambar (2019) Pengembangan Perangkat Fisika SMA Berbasis Model Problem Based Learning Terintegrasi Nilai-nilai Karakter untuk Meningkatkan Capaian Pembelajaran Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_EKO_AMBAR_WIBOWO_1209841_2209_2019.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Standar Isi dan Standar Proses Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran yang scientific dan berkarakter ilmiah serta peserta didik supaya lebih aktif dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran fisika. Kenyataan menunjukkan bahwa guru belum memiliki perangkat dengan model tertentu yang dapat mengaktifkan potensi siswa. Model Problem Based Learning dianggap mampu membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran scientific. Atas dasar ini perlu dikembangkan perangkat pembelajaran fisika SMA berbasis model Problem Based Learning terintegrasi nilai-nilai karakter dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dessiminate). Tahap define meliputi kegiatan analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis siswa. Tahap design meliputi kegiatan perancangan terhadap perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, modul, LKPD, dan penilaian kompetensi pengetahuan, sikap, karakter dan keterampilan. Pada tahap development dilakukan uji validitas melalui lembar validasi perangkat pembelajaran, uji praktikalitas melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan siswa, uji efektivitas diperoleh dari penilaian kompetensi pengetahuan, sikap, karakter, keterampilan dan angket respon siswa. Tahap dessiminate merupakan kegiatan penyebaran perangkat. Hasil penelitian pada tahap define diperoleh Kompetensi Inti; Kompetensi Dasar; karakteristik siswa; dan fakta, konsep, prinsip dan prosedur dari materi alat optik. Hasil penelitian pada tahap design diperoleh silabus, RPP, modul, LKPD, penilaian kompetensi pengetahuan, sikap, karakter dan keterampilan yang dirancang mengikuti langkah-langkah pembelajaran berbasis model Problem Based Learning. Tahap development menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis model problem based learning terintegrasi nilai-nilai karakter dengan kriteria valid, sangat praktis dan efektif dengan ketentuan: uji validitas diperoleh rata-rata perangkat berturut-turut yaitu silabus 0,93, RPP 0,92, modul 0,95, LKPD 0,89, dan penilaian 0,92.Tahap dessiminate melakukan pendistribusian perangkat pembelajaran yang telah valid praktis dan efektif dalam jumlah terbatas kepada guru dan siswa di SMA Negeri 6 Kerinci

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:23
Last Modified: 06 Feb 2020 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25091

Actions (login required)

View Item View Item