Pelaksanaan Metode Simulasi Bimbingan Ibadah Haji pada KBIH Nur Zikrillah di Kota Padang

Darmisa, Cici (2019) Pelaksanaan Metode Simulasi Bimbingan Ibadah Haji pada KBIH Nur Zikrillah di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_CICI_DARMISA_15005040_5841_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh baiknya hasil belajar jemaah manasik haji dari kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Nur Zikrillah di Kota Padang, hal ini diduga karena pelaksanaan kegiatan manasik haji dilaksanakan dengan memakai metode simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) menggambarkan kegiatan persiapan metode simulasi bimbingan ibadah haji pada KBIH Nur Zikrillah di Kota Padang, (2) menggambarkan kegiatan pelaksanaan metode simulasi bimbingan ibadah haji pada KBIH Nur Zikrillah di Kota Padang, (3) menggambarkan kegiatan penutup metode simulasi bimbingan ibadah haji pada KBIH Nur Zikrillah di Kota Padang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jemaah manasik haji KBIH Nur Zikrillah tahun 2019 dengan jumlah 235 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling yang diambil sebanyak 30% dari populasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan alat pengumpulan data menggunakan angket yang berisi daftar pemyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1) kegiatan persiapan metode simulasi bimbingan ibadah haji pada KBIH Nur Zikrillah di Kota Padang sudah terlaksana secara baik, (2) kegiatan pelaksanaan metode simulasi bimbingan ibadah haji pada KBIH Nur Zikrillah di Kota Padang terlaksana secara baik, (3) kegiatan penutup metode simulasi bimbingan ibadah haji pada KBIH Nur Zikrillah di Kota Padang terlaksana secara baik. Dapat dilihat dari sebagian besar jemaah memberikan pemyataan selalu. Dapat disimpulkan pelaksanaan metode simulasi bimbingan ibadah haji pada KBIH Nur Zikrillah sudah terlaksanan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:23
Last Modified: 06 Feb 2020 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25090

Actions (login required)

View Item View Item