Pengembangan LKPD Menggunakan Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1

Ningrum, Melia Vivi (2019) Pengembangan LKPD Menggunakan Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI Semester 1. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MELIA_VIVI_NINGRUM_17175020_2138_2019.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi peserta didik kelas XI dalam pembelajaran Fisika belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tersedia belum memuat langkah-langkah model dan pendekatan pembelajaran yang mengarah pada kegiatan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan keterampilan proses sains untuk pembelajaran Fisika SMA kelas XI semester 1 dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp dengan tiga fase yaitu preliminary research, development or prototyping phase, and assessment phase. Instrumen penelitian meliputi angket studi pendahuluan, angket validitas, angket praktikalitas, lembar observasi sikap, tes tertulis, dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data untuk validitas menggunakan rumus Aiken’s V, untuk praktikalitas dan efektivitas menggunakan deskriptif persentase. Hasil preliminary research menunjukkan perlunya pengembangan LKPD. Hasil development menunjukkan LKPD berada pada kriteria valid dengan nilai 0,88; sangat praktis berdasarkan respon peserta didik dan guru dengan nilai rata-rata masing-masing 86,88% dan 95,87%. Hasil assessment phase memperlihatkan pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik adalah 87,50%; pencapaian kompetensi sikap dan keterampilan adalah sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD menggunakan model inquiry based learning dengan pendekatan keterampilan proses sains untuk pembelajaran Fisika SMA kelas XI semester 1 memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Feb 2020 01:31
Last Modified: 06 Feb 2020 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25087

Actions (login required)

View Item View Item