Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dengan Kompetensi Dasar Bernyanyi pada Siswa Kelas V di SD NEGERI 09 Air Tawar Barat

Ramadanti, Retno (2019) Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dengan Kompetensi Dasar Bernyanyi pada Siswa Kelas V di SD NEGERI 09 Air Tawar Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RETNO_RAMADANTI_15023104_5348_2019.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran seni budaya dan keterampilan khususnya pembelajaran seni musik di SDN 09 Air Tawar Barat.Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis.Objek penelitian adalah siswa kelas V dan guru. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dalam pembelajaran khususnya bemyanyi, bahwa guru masih terlalu fokus terhadap metode ceramah, perlunya guru terlebih dahulu mengembangkan proses eksplorasi dalam bentuk memberi pembekalan informasi tentang intonasi, pemafasan, sikap badan dan ekspresi dalam bemyanyi secara unisono, elaborasi dalam bentuk membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi dan konfirmasi dalam bentuk memberi motivasi dan penguatan pembelajaran demi tercapainya hasil pembelajaran. Guru belum mempunyai perencanaan yang matang, strategi pembelajaran, pendekatan-pendekatan dan metode-metode yang belum efektif. Kemampuan siswa dalam bemyanyi secara unisono masih banyak di bawah rata-rata, hal ini disebabkan oleh kurangnya latihan terbimbing yang dilaksanakan oleh guru, sehingga siswa yang mempunyai bakat musikal yang bagus menjadi kurang berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Feb 2020 09:24
Last Modified: 05 Feb 2020 09:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25083

Actions (login required)

View Item View Item