Silek Lanyah: Perkembangan dari Tradisi ke Kreasi di Desa Kubu Gadang Kelurahan Ekor Lubuk Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang

Khairah, Wardhatul (2019) Silek Lanyah: Perkembangan dari Tradisi ke Kreasi di Desa Kubu Gadang Kelurahan Ekor Lubuk Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WARDHATUL_KHAIRAH_14023034_5710_2019.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan Silek Lanyah dari tradisi ke kreasi di Desa Kubu Gadang Kelurahan Ekor Lubuk Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera dan gadget/smartphone. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi, Langkah­ langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Silek Lanyah mengalami perkembangan dalam segi kualitas gerak, pelaku silat, kostum, musik dan tempat latihan atau sasaran. Perkembangan Silek Lanyah berasal dari Silek Tuo Gunuang sebagai sumber gerak S ilek Lanyah. Pemuda dan pemudi di Desa Kubu Gadang sebagai pelaku dari Silek Tuo Gunuang melestarikan seni tradisinya dikembangkan dalam bentuk barn, yang menjadi atraksi seni silat sebagai icon wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Feb 2020 09:24
Last Modified: 05 Feb 2020 09:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25082

Actions (login required)

View Item View Item