Efektivitas Modul Sistem Koloid Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang.

Rosyadi, Abel Maaruf (2019) Efektivitas Modul Sistem Koloid Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ABEL_MAARUF_R_15035086_3445_2019.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan efektivitas modul sistem koloid berorientasi Chemo-entrepreneurship terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t). Objek penelitian adalah hasil belajar kognitif siswa untuk materi koloid. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yaitu tes pretest dan posttest berupa 20 pertanyaan objektif sesuai dengan tujuan pembelajaran. Perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan posttest untuk kelas eksperimen adalah 57,5 sedangkan untuk kelas kontrol 49,38. Nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,75 dan kelas kontrol 0,66. Analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar terdistribusi normal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji-t, dan diperoleh nilai sig(2-tailed) 0,001. Dengan demikian terbukti bahwa hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai perbedaan yang signifikan. Berdasarkan analisis data menunjukkan modul sistem koloid berorientasi chemo- entrepreneurship terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa untuk materi sistem koloid dengan kategori efektivitas tinggi. Keywords: Efektivitas, modul, chemo-entrepreneurship, koloid, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Feb 2020 08:35
Last Modified: 05 Feb 2020 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25081

Actions (login required)

View Item View Item