Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik

Cosra, Yardani Adi (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_YARDANI_ADI_COSRA_1209842_2210_2019.pdf

Download (909kB) | Preview

Abstract

Standar Isi dan Standar Proses Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran yang Saintifik, pendekatan saintifik melibatkan model pembelajaran yang menekankan pada pemberian masalah. Kenyataan menunjukkan bahwa guru masih ada yang belum menggunakan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dianggap mampu membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran sainttifik. Atas dasar ini perlu dikembangkan perangkat pembelajaran fisika berorientasi Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran fisika SMA Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (Analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evalution). Pada tahap analisis dilakukan analisis kurikulum, analisis peserta didik, dan analisis materi. Tahap design meliputi kegiatan perancangan terhadap perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, buku peserta didik, dan penilaian kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Pada tahap development dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Tahap implementation merupakan kegiatan uji coba perangkat. Tahap evalution dilakukan evaluasi terhadap perangkat dengan cara penilaian kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Metodologi yang digunakan adalah dengan cara uji validitas melalui lembar validasi perangkat pembelajaran, uji praktikalitas melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan peserta didik, uji efektivitas diperoleh dari penilaian kompetensi pengetahuan, sikap, keterampilan. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMAN 4 Kerinci dengan jumlah peserta didik 35 orang dan jumlah guru fisika 2 orang sebagai responden. Hasil penelitian pada tahap Analysis diperoleh Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar,; karakteristik peserta didik yaitu kerja sama, kerja keras, jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, percaya diri; dan fakta, konsep, prinsip dan prosedur dari materi suhu, kalor dan perpindahannya. Hasil penelitian pada tahap design diperoleh silabus, RPP, buku peserta didik, dan penilaian kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tahap development menghasilkan perangkat pembelajaran fisika dengan kriteria valid. Tahap implementation melakukan uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP, angket respon guru, dan angket respon peserta didik menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berada pada kategori praktis. Tahap evalution uji efektivitas didapat dari hasil penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan pada tahap ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang efektif. Evaluasi perangkat pembelajaran secara keseluruhan diperoleh perangkat pembelajaran fisika SMA Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik yang valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Feb 2020 08:34
Last Modified: 05 Feb 2020 08:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25078

Actions (login required)

View Item View Item