Hubungan Antara Pola Komunikasi Keluarga Tipe Konsensual Dengan Kesantunan Berbahasa Anak di PAUD Bintang Binaan SPNF SKB wilayah I Kota Padang

Marsetiani, Elvina (2019) Hubungan Antara Pola Komunikasi Keluarga Tipe Konsensual Dengan Kesantunan Berbahasa Anak di PAUD Bintang Binaan SPNF SKB wilayah I Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_ELVINA_MARSETIANI_14005051_5822_2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesantunan berbahasa anak di PAUD Bintang Binaan SPNF SKB wilayah I Kota Padang. Hal ini terutama disebabkan karena pola komunikasi dalam keluarga tidak berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menggambarkan pola komunikasi keluarga tipe konsensual di PAUD Bintang Binaan SPNF SKB wilayah I Kota Padang, (2) menggambarkan kesantunan berbahasa anak di PAUD Bintang Binaan SPNF SKB wilayah I Kota Padang, (3) dan melihat hubungan antara pola komunikasi keluarga tipe konsensual dengan kesantunan berbahasa anak PAUD Bintang Binaan SPNF SKB wilayah I Kota Padang. J enis penelitian ini ialah kuantitatif korelasional dengan populasi adalah orang tua peserta didik yang terdaftar di PAUD Bintang Binaan SPNF SKB wilayah I Kota Padang yang berjumlah 43 orang. Pengambilan sampel mengunakan teknik stratified random sampling. Sampel penelitian diambil sebanyak 75% yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data mengunakan teknik kuesioner, sedangkan alat pengumpulan data mengunakan angket berupa item pemyataan, dan dianalisis menggunakan persentase dan product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; ( 1) pola komunikasi keluarga tipe konsensual dikategorikan tidak memuaskan, (2) kesantunan berbahasa anak di PAUD Bintang Binaan SPNF SKB Wilayah I Kota Padang dikategorikan tidak santun, dan terdapat hubungan yang signifikan antara pola komunikasi keluarga tipe konsensual dengan kesantunan berbahasa anak di PAUD Bintang Binaan SPNF SKB Wilayah I Kota Padang. Harapan dari penelitian ini adalah orang tua dapat menggunakan pola komunikasi tipe konsensual dalam keluarga agar kesantunan berbahasa anak menjadi lebih santun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Feb 2020 08:33
Last Modified: 05 Feb 2020 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25074

Actions (login required)

View Item View Item