Gambaran Aspirasi warga Belajar Paket C di PK.BM Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung

Wulandari, Shintia (2019) Gambaran Aspirasi warga Belajar Paket C di PK.BM Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_SHINTIA_WULANDARI_15005015_5812_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya hasil belajar warga belajar Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PK.BM) Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung, ini diduga karena tingginya aspirasi belajar warga belajar kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan (1) aspirasi warga belajar kesetaraan Paket C ditinjau melalui aspek cita-cita, (2) aspirasi warga belajar kesetaraan Paket C ditinjau melalui aspek hasrat dalam mengikuti pembelajaran, dan (3) aspirasi warga belajar kesetaraan Paket C ditinjau melalui aspek ketetapan hati di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PK.BM) Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat(PK.BM)Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung sejumlah 27 orang. Sampel yang diambil sebanyak 60 % dari populasi sejumlah 16 orang. Teknik penarikan sampel adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dengan alat pengumpulan data kuisioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) aspirasi warga belajar kesetaraan Paket C ditinjau melalui aspek cita-cita tinggi,(2) aspirasi warga belajar kesetaraan Paket C ditinjau melalui aspek hasrat dalam mengikuti pembelajaran tinggi, dan (3) aspirasi warga belajar kesetaraan paket C ditinjau melalui aspek ketetapan hati tinggi. Disarankan warga belajar kesetaraan Paket C, untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan aspirasi belajar dalam mengikuti pembelajaran agar mendapatkan hasil belajar yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Feb 2020 08:33
Last Modified: 05 Feb 2020 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25073

Actions (login required)

View Item View Item