Pengembangan Modul Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Manajemen Proyek di Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP.

Nafsiah, Iqra Natun (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Manajemen Proyek di Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_IQRA_NATUN_NAFSIAH_17138071_4789_2019.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Waktu proses pembelajaran manajemen proyek tidak seimbang dengan capaian pembelajaran sehingga diperlukan modul pembelajaran project based learning yang dapat membantu mahasiswa belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran project based learning yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian mahasiswa Teknik Pendidikan Bangunan Tahun Masuk 2016 yang mengambil mata kuliah manajemen proyek Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Modul pembelajaran project based learning, (2) Validitas modul pembelajaran project based learning, dinyatakan valid pada aspek content (isi) dengan nilai 0,79 > 0,67, aspek format diperoleh nilai 0,89>0,67 dan aspek penyajian didapat nilai 0,84>0,67, (3) Praktikalitas modul pembelajaran project based learning, berdasarkan tiga respon dosen dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 86,67 dan berdasarkan 18 respon mahasiswa dinyatakan sangat praktis diperoleh nilai rata-rata 84,94, (4) Modul pembelajaran project based learning, dinyatakan efektif dapat meningkatkan aspek pengetahuan mahasiswa terlihat dari meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan efektif meningkatkan aspek keterampilan mahasiswa dilihat dari hasil tugas proyek yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran project based learning telah valid, praktis dan efektif sebagai sumber belajar pada mata kuliah manajemen proyek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:02
Last Modified: 05 Feb 2020 04:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25066

Actions (login required)

View Item View Item