Kontribusi Status Gizi dan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa di SMP Negeri 3 Payakumbuh

Hidayat, Rizki (2019) Kontribusi Status Gizi dan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa di SMP Negeri 3 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RIZKI_HIDAYAT_1104495_1078_2019.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar penjasorkes siswa di SMP Negeri 3 Payakumbuh. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar penjasorkes tersebut, diantaranya adalah status gizi dan kesegaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi status gizi dan kesegaran jasmani terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 3 Payakumbuh. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 3 Payakumbuh yang berjumlah sebanyak 113 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah sebanyak 23 orang siswa putera. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap kedua variabel. Untuk mengukur status gizi menggunakan tes antropometri, dan untuk mengukur kesegaran jasmani menggunakan TKJI. Sedangkan hasil belajar penjasorkes diperoleh dari nilai mid semesternya. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Data hasil penelitian di analisis dengan menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat kontribusi status gizi terhadap hasil belajar penjasorkes dengan besar kontribusinya yaitu 17,31%. Hipotesis kedua terdapat kontribusi kesegaran jasmani terhadap hasil belajar penjasorkes dengan besar kontribusinya adalah 18,49%. Sedangkan hipotesis ketiga terdapat kontribusi status gizi dan kesegaran jasmani secara bersama-sama terhadap hasil belajar penjasorkes dengan besar kontribusinya adalah 31,02%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:01
Last Modified: 05 Feb 2020 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25059

Actions (login required)

View Item View Item