Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis lnkuiri Terbimbing pada Materi Plantae dan Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMA.

Amallia, Yoanda Reski (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis lnkuiri Terbimbing pada Materi Plantae dan Animalia untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_YOANDA_RESKI_AMALIA_17177037_4975_2019.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan peneliti melalui wawancara 3 orang guru biologi dan penyebaran angket di 3 sekolah di kota Padang diperoleh data bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah adalah buku teks yang dipinjam dari perpustakaan selama pembelajaran dan hanya beberapa peserta didik yang memiliki buku penunjang. Berdasarkan hasil analisis terhadap buku teks tersebut ditemukan beberapa kekurangan diantaranya pada buku terdapat kekeliruan konsep, pemaparan materi belum sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar, buku teks yang digunakan kurang menarik dan tidak berwama, contoh yang disajikan kurang familiar dan bahasa buku yang sulit dipahami. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi Plantae dan Animalia yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu investigasi awal, pembuatan prototipe, dan penilaian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 7 Padang. Validasi dilakukan oleh pakar dengan menilai aspek didaktik, konstruk, dan teknik. Kepraktisan modul pembelajaran dilihat dari pengisian angket praktikalitas oleh guru dan peserta didik. Keefektifan modul pembelajaran dilihat dari kompetensi peserta didik meliputi kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Data dianalisis secara deskriptif dan eksperimen dengan mempersentasekan data yang terdapat di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing memperoleh nilai 87,38% dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas respon peserta didik adalah 88,11 % dengan kategori sangat praktis dan nilai respon guru adalah 88,57% dengan kategori sangat praktis. Modul pembelajaran ini dikategorikan efektif karena kelas eksperimen menunjukan peningkatan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi Plantae dan Animalia untuk peserta didik kelas X SMA dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif. Kata kunci: Modul Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing 11

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:01
Last Modified: 05 Feb 2020 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25053

Actions (login required)

View Item View Item