Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika SMA/MA Berbasis Inquiry Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Semester 2.

Yuliska, Rumi (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika SMA/MA Berbasis Inquiry Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Semester 2. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ RUMI_YULISKA_17175027_4799_2019.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih belum optimal. Salah satu penyebabnya yaitu kurang tersedianya bahan ajar berupa LKPD fisika yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif menemukan pengetahuan sendiri pada proses pembelajaran. Untuk itu perlu dikembangkan bahan ajar berupa LKPD fisika yang dapat menumbuhkembangkan aktivitas peserta didik menemukan pengetahuan sendiri sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik fisika berbasis inquiry training untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. J enis penelitian adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar penilaian efektivitas. Teknik analisis data untuk analisis validitas menggunakan Aiken's V, analisis praktikalitas menggunakan analisis deskriptif persentase. Analisis efektivitas untuk pengetahuan menggunakan analisis N-gain, analisis efektivitas untuk sikap dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil tahap analisis diperoleh informasi perlunya dilakukan pengembangan LKPD fisika berbasis inquiry training untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Hasil tahap perancangan diperoleh rancangan LKPD fisika berbasis inquiry training. Hasil tahap pengembangan didapatkan LKPD yang telah dikembangkan berada pada kategori valid 0,93. Tahap uji praktikalitas yang telah dilakukan berada pada kategori sangat praktis yaitu 91,59% dari angket respon guru, dan 88,67% dari angket respon peserta didik. Hasil tahap implementasi LKPD fisika berbasis inquiry training memenuhi kriteria efektif yang ditandai dengan peningkatan kompetensi pengetahuan dengan gain score sebesar 0,64 yang dikategorikan sedang. Penilaian kompetensi sikap rata-rata ketercapaian 84,88%, dan penilaian kemampuan berpikir kreatif pada kategori sangat kreatif pada pertemuan ke tiga dengan rata-rat dengan rata-rata 81, 19. Tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif untuk penyempumaan setiap langkah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh LKPD fisika berbasis inquiry training untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : Lem bar Kerj a Peserta Didik, Inquiry Training, Berpikir Kreatif. ii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:56
Last Modified: 04 Feb 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25052

Actions (login required)

View Item View Item