Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Kerja Futsukei pada Sakubun Mahasiswa Tahun Masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang

Happiness, W.H (2019) Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Kerja Futsukei pada Sakubun Mahasiswa Tahun Masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_W.H_HAPPINESS_15180004_5831_2019.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk, jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa tahun masuk 2017 dalam penggunaan kata kerja futsukei Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembaran teks sakubun mahasiswa. Diantara 60 sakubun analisis data yang ditemukan hanya 24 kesalahan. Bentuk kesalahan morfologi pada penggunaan kata kerja futsukei pada dalam teks sakubun pada penelitian ini sebanyak 44% terdapat 3 kesalahan pada kata kerjafutsukei ta,ru, dan bu. Bentuk kesalahan sintaksis penggunaan kata kerjafutsukei pada dalam teks sakubun pada penelitian ini sebanyak 20% terdapat 2 kesalahan pada kata kerja futsukei ta dan ru. Jenis kesalahan penggunaan kata kerjafutsukei dalam penelitian ini yang dapat penulis temukan hanya kesalahan jenis lapses atau salah tulis sebanyak 20%. Penyebab kesalahan kata kerja futsukei pada penelitian ini terdapat pada faktor kompetensi. Jumlah faktor kompetensi yang ditemukan dalam penelitian ini ada 4 kesalahan dengan persentase 16%. Berdasarkan hasil penelitian kesalahan penggunaan kata kerja futsukei dalam sakubun mahasiswa diketahui bahawa kesalahan morfologi merupakan kesalahan tertinggi dengan persentase 44%, sedangkan kesalahan terendah terdapat pada faktor kompetensi sebanyak 16%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:56
Last Modified: 04 Feb 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25051

Actions (login required)

View Item View Item