Perbedaan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Menggunakan Teknik Copy the Master Berbantuan Media Auditif dan Media Gratis Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Padang

Buana, Ade Putra (2019) Perbedaan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Menggunakan Teknik Copy the Master Berbantuan Media Auditif dan Media Gratis Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ADE_PUTRA_BUANA_86438_6117_2019.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang dalam menulis teks cerpen. Rendahnya keterampilan siswa ini tidak hanya disebabkan oleh faktor siswa, namun juga faktor guru. Pertama, arahan guru kepada siswa tentang menulis teks cerpen kurang dipahami siswa, hal ini disebabkan pemberian contoh cerpen yang kurang menarik. Kedua, teknik yang digunakan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia masih belum efektif dan bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master berbantuan media auditif siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master berbantuan media grafis siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang. Ketiga, menganalisis perbedaan keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master berbantuan media auditif dan media grafis siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang. Penelitian ini merupakan eksperimen semu ( quasi experiment). Penelitian ini menggunakan desain Two Group Design. Desain ini dibedakan dengan adanya kelas eksperimen I dan ekspeimen II. Dari 248 orang populasi, diambil sampel penelitian dengan cara random sampling dan didapatkan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen II yang masing­ masing terdiri atas 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes unjuk kerja sebagai instrument. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif­analitis sesuai dengan konsep penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master berbantuan media auditif siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang tergolong baik (78,70) yang berada pada tingkat penguasaan 76­85% pada skala 10. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master berbantuan media grafis siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang tergolong lebih dari cukup (71,30) berada pada tingkat penguasaan 66­75% pada skala 10. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master berbantuan media auditif dan media grafis. Dengan demikian, H1 diterima dan Ho ditolak karena diperoleh nilai ttabel = 1,672 pada a 0,05 dan nilai thitung = 2,349. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ttabe1<thitung = 1,672<2,349. Dengan demikian, disimpulkan bahwa teknik copy the master berbantuan media auditif lebih efektif digunakan untuk pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 16 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:56
Last Modified: 04 Feb 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25050

Actions (login required)

View Item View Item